5 Asupan Vitamin Yang Dibutuhkan Ayam Bangkok


Agar ayam bangkok tumbuh dan berkembang secara baik asupan vitamin memiliki peranan yang sangat penting, misalnya vitamin B kompleks yang terkandung dalam gabah yang biasa anda berikan pada ayam bangkok juga bisa menjadi asupan vitamin yang baik tanpa harus memberikan pil vitamin B Kompleks yang dijual di pasaran, selain itu nutrisi lain yang terkandung dalam pakan ayam bangkok pabrikan sudah dapat memenuhi kebutuhan nutrisi dan asupan gizi pada ayam bangkok kita.



Pentingnya Asupan dan Dosis Vitamin untuk Ayam Bangkok

Untuk meningkatkan vitalitas ayam bangkok seperti yang telah dijelaskan sedikit diatas asupan vitamin memiliki peranan yang penting, anda bisa memberikan vitamin tambahan untuk ayam bangkok dalam bentuk suplemen dengan pemberian dosis dan pada saat yang tepat.

Pada kesempatan ini kita akan membahas jenis vitamin yang wajib diberikan kepada ayam bangkok yang berfungsi untuk mempercepat proses pertumbuhannya. Ini bisa dijadikan acuan untuk pemberian vitamin pada ayam bangkok kita dengan melihat dari gejala dan perilaku fisik juga kenampakan fisik yang timbul dari ayam bangkok kita. Namun sebelum kita mulai mungkin anda tertarik membaca artikel cara membuat jamu penambah stamina untuk ayam bangkok yang juga tersedia disini.

Pemberian Vitamin D untuk Pertumbuhan Tulang Ayam bangkok

Mengapa Vitamin D menjadi vitamin yang kita bahas pertama? Ini karena fungsi vitamin D untuk ayam bangkok sangat penting terutama dalam usia awal atau biasa di sebut usia anakan apalagi jika diberikan bersama dengan Kalsium karena vitamin D dan Kalsium berfungsi untuk membentuk pertumbungan tulang yang kuat. Agar ayam bangkok kita memiliki tulang yang besar dan kokoh maka saat usia 0-3 bulan vitamin D bisa diberikan bersama susu bubuk sebagai asupan kalsiumnya, inilah saat setelah melewati usia 3 bulan maka pemberian asupan vitamin D dan kalsium pada ayam bangkok sudah tidak diperlukan lagi.

Pentingnya Asupan Vitamin B Kompleks pada Ayam Bangkok

Vitamin B kompleks ini adalah kombinasi dari beberapa vitamin yaitu vitamin B1, B2, B3, B4, B6 dan B12 ini memiliki fungsi yang sama dengan vitamin D sebagai vitamin penunjang untuk pertumbuhan ayam bangkok. Untuk memberikan Vitamin B Kompleks ini anda hanya perlu memberikan pakan yang biasa anda berikan, lebih baik lagi pakan pabrikan biasa yang bisa dibeli di pasaran karena sudah mengandung unsur jagung, serealia dan kacang-kacangan yang merupakan sumber Vitamin B Kompleks tadi.

Vitamin C Untuk Kekebalan Tubuh Ayam Bangkok

Vitamin penting untuk ayam bangkok selanjutnya adalah Vitamin C yang berfungsi menjaga kekebalan tubuh dari serangan berbagai penyakit, dengan kata lain pemberian Vitamin C pada ayam bangkok bisa meminimalisir ayam bangkok kita sakit-sakitan. Selain itu vitamin C juga berfungsi sebagai regenerasi sel-sel dalam tubuh ayam bangkok dan mempercepat proses penyembuhan jika ayam bangkok kita sedang sakit. Dosis vitamin C untuk ayam bangkok bisa diberikan sebanyak 1 butir pada setiap minggunya dengan memperhatikan keadaan musim, seperti di musim pancaroba yang biasanya banyak penyakit yang dapat menyebar dengan cepat.

Pentingnya Vitamin A untuk Ayam Bangkok Petarung

Setelah kita mengetahui peranan vitamin D, Vitamin B Kompleks, dan Vitamin C untuk ayam bangkok, selanjutnya kita akan membahas mengenai fungsi Vitamin A untuk ayam bangkok petarung. Vitamin A ini selain untuk memelihara sel-sel darah merah juga sangat memberikan peranan penting terhadap ketajaman mata ayam bangkok, hal ini menjadi sangat penting dalam keberhasilannya bertarung dengan lawan sehingga asupan Vitamin A ini diharapkan bisa diberikan secara rutin minimal dalam waktu 1-2 minggu itu diberikan 1 butir Vitamin A.

Asupan Vitamin E Untuk Pertumbuhan Bulu Ayam Bangkok

Selain untuk pertumbuhan bulu Vitamin E juga bisa memperindah bulu ayam bangkok kita yang terlihat kusam, Vitamin E bisa diberikan sebanyak 1 butir setiap minggunya dengan memperhatikan kenampakan dari bulu ayam kita, misalnya ketika sehabis bertarung ada bulu yang rontok atau kondisi bulu ayam kita yang kusam. Sebenarnya asupan Vitamin E ini sudah terpenuhi dari pakan biji-bijian, jadi pemberian Vitamin E ini tidak diwajibkan dan hanya untuk kondisi tertentu saja.

Dari penjelasan mengenai vitamin untuk ayam bangkok diatas, pada saat memberikan vitamin-vitamin tersebut bisa diberikan secara bergantian/diselang seling atau bisa diberin sekaligus pada waktu malam hari saat ayam kita beristirahat karena pemberian vitamin pada ayam bangkok di waktu malam hari akan lebih efektif proses penyerapannya dan hasil yang diperoleh akan lebih maksimal.

Untuk jenis vitamin yang diberikan adalah jenis vitamin yang biasa kita konsumsi dan bisa di dapatkan di apotek atau toko obat, lebih spesifiknya adalah Vitamin merk IPI. Sebaiknya berikan asupan vitamin pada ayam bangkok kita hanya ketika dibutuhkan saja, kita bisa melihat dari kondisi fisik ayam bangkok kita apakah kekurangan vitamin atau tidak. Jika tidak menunjukan gejala kekurangan vitamin maka pemberian vitamin tidak diperlukan dan biarkan saja kebutuhan vitaminnya dicukupi dari pakan yang kita berikan sehari-hari.

Semoga bermanfaat.

Comments

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.